Pengendalian Sosial--- Review 5

Senin, 16 April 2018
(Pertemuan 7)

Penegendalian Sosial ditujukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya suatu penyimpangan yang terjadi tidak terulang kembali, pengendalian sosial juga merupakan cara menghadapi perilaku yang melanggar norma sosial. Menurut Peter L. Berger, pengendalian sosial merupakan berbagai cara yang dilakukan untuk mengendalikan orang yang membangkang. Tujuan dari pengendalian sosial itu sendiri adalah berusaha memastikan konformitas terhadap norma yang berlaku di masyarakat. 

Pengendalian Sosial oleh Polisi
Sumber: Google



Proses Pengendalian Sosial dibagi menjadi dua, yaitu:
  • Pengendalian Formal--- Dilakukan dengan adanya organisasi yang sengaja dibentuk. Contohnya, melalui lembaga Pengadilan.
  • Pengendalian Informal--- Dilakukan tanpa adanya organisasi yang sengaja dibentuk. Contohnya, masyarakat.
Tujuan dari pengendalian sosial adalah berusaha memastikan konformitas terhadap norma yang berlaku di masyarakat. Masyarakat bersikap konformis terhadap norma dikarenakan:
    • Mereka tidak punya pilihan lain--- Seseorang berperilaku tidak menyimpang karena adanya aturan yang memaksanya untuk menuruti aturan tersebut, serta adanya sistem pemantauan baik pengawasan maupun adanya cctv. 
    • Karena adanya ujukan untuk bersikap konformis terhadap norma tersebut--- Seseorang tidak melakukan penyimpangan karena adanya nasihat yang ia pegang dari orangtua maupun orang terdekatnya.
    • Karena adanya penjagaan, baik penjagaan fisik maupun sosial. Contoh : ketatnya sistem pengamanan di suatu wilayah menyebabkan para pelaku penyimpangan enggan untuk melakukan penyimpangan berupa kejahatan di wilayah terseut.

Komentar

Popular Post

Hukum Pidana -- Hukum Perdata (Review 3)

Fenomena Anak Jalanan sebagai Bentuk Permasalahan Sosial pada Anak

Sosiologi Perilaku Menyimpang

Lembaga Pengendalian Sosial

Disorganisasi Sosial dan Anomie (Review Kelompok)

Teori-Teori Penyimpangan Sosial

Sosiologi Perilaku Menyimpang --- Review 1

Perubahan dan Penyimpangan --- Review 2