Perubahan dan Penyimpangan --- Review 2

Senin, 19 Maret 2018     

(Pertemuan ke-3)


           Pada pertemuan ini Pak Rahman menjelaskan materi Perubahan dan Penyimpangan, dalam materi ini Pak Rahman menjelaskan hubungan antara Kriminalitas, Penyimpangan, dan Masalah Sosial.

  • Setiap kriminalitas termasuk ke dalam penyimpangan, tetapi tidak semua penyimpangan itu disebut kriminalitas.
  • Setiap penyimpangan merupakan masalah sosial, tetapi tidak semua masalah sosial termasuk ke dalam penyimpangan.  
Terdapat 4 ukuran atau indikator yang menentukan apakah suatu perilaku atau tindakan dikatakan menyimpang atau tidak yaitu: 
  1. Reaktif/reaksi------Perilaku dianggap menyimpang apabila ada reaksi dari masyarakat. Reaksi ini timbul karena masyarakat merasa ada perilaku anggota masyarakat yang aneh/berbeda.
  2. Absolut------Ketika suatu tindakan atau perilaku dianggap menyimpang, maka akan selamanya disebut sebagai perilaku menyimpang seperti LGBT dan pembunuhan. Setelah orang tersebut dianggap oleh khalayak sebagai pembunuh, maka secara absolut kedepannya dia akan selalu dianggap atau di labeling sebagai seorang pembunuh.
  3. Statistik-----Perilaku diangap menyimpang apabila secara statistik paling jarang dilakukan dibandingkan dengan perilaku lain.
  4. Norma------ Perilaku dianggap menyimpang apabila ada norma yang berlaku baik bersifat tertulis ataupun tidak tertulis.

Komentar

Popular Post

Hukum Pidana -- Hukum Perdata (Review 3)

Fenomena Anak Jalanan sebagai Bentuk Permasalahan Sosial pada Anak

Sosiologi Perilaku Menyimpang

Lembaga Pengendalian Sosial

Pengendalian Sosial--- Review 5

Disorganisasi Sosial dan Anomie (Review Kelompok)

Teori-Teori Penyimpangan Sosial

Sosiologi Perilaku Menyimpang --- Review 1