Sosiologi Perilaku Menyimpang --- Review 1

Senin, 12 Maret 2018     
(Pertemuan ke-2)


Hari itu Pak Rahman selaku dosen dari Mata Kuliah Sosiologi Perilaku Menyimpang menyampaikan materi di perkuliahan kami, mahasiswa/i Pendidikan Sosiologi B angkatan 2015. Hari itu Pak Rahman menyampaikan materi mengenai norma apa saja yang di gunakan dalam mengkaji Sosiologi Perilaku Menyimpang. Sebelumnya, disampaikan terlebih dahulu oleh Pak Rahman mengenai bagaimana sosiologi mengkaji hubungan manusia. Sosiologi mengkaji hubungan manusia melalui beberapa tahap diantaranya yaitu :

  1. Interaksi----- Interaksi antara satu individu dengan individu lainnya. Individu merespon suatu bentuk interaksi pasti tidaklah sama, dalam kata lain pasti berbeda-beda responnya. Respon seseorang terhadap suatu interaksi berdasarkan pada perspektif dirinya, sehingga respon akan bereda-beda. Respon yang berbeda terhadap suatu interaksi ini dapat menimbulkan kesalahpahaman yang dapat menjadi pemicu konflik dalam hubungan sosial manusia. 
  2. Proses Sosial----- Proses sosial merupakan proses memberi dan menerima serta ada pula kesepakatan. Proses sosial ini pasti dirasakan dan terjadi dalam setiap bentuk interaksi individu dalam menjalin hubungan antar manusia.
  3. Produk Sosial---- Produk Sosial yang dihasilkan dalam tahapan-tahapan tadi adalah NORMA. Norma dihasilkan dalam beberapa tahapan, norma tidak muncul secara sendirinya. Norma merupakan produk yang dihasilkan dari proses sosial yang terjadi dalam hubungan manusia.
Mengapa Penting Membahas NORMA?
  • Norma sebagai patokan untuk menilai suatu perilaku penyimpangan.
  • Norma baru terbentuk dari adanya penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di masyarakat.
  • Norma baru dibuat agar tidak terjadinya penyimpangan-penyimpangan tersebut dalam masyarakat.
  • Norma penting dipelajari agar perilaku kita sama dengan masyarakat, agar kita berperilaku sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat.
Terdapat 4 macam norma:
  1. Norma Hukum
  2. Norma Agama
  3. Norma Kesusilaan
  4. Norma Kesopanan


"Perilaku Menyimpang tidak bisa digeneralisir, satu penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang bukan berarti seseorang itu menyimpang juga dalam segala hal."

Komentar

Popular Post

Hukum Pidana -- Hukum Perdata (Review 3)

Fenomena Anak Jalanan sebagai Bentuk Permasalahan Sosial pada Anak

Sosiologi Perilaku Menyimpang

Lembaga Pengendalian Sosial

Pengendalian Sosial--- Review 5

Disorganisasi Sosial dan Anomie (Review Kelompok)

Teori-Teori Penyimpangan Sosial

Perubahan dan Penyimpangan --- Review 2